Mungkin Anda mengira bahwa durian tidak memiliki banyak jenis atau hanya ada satu jenis, yaitu yang banyak dijual di pasaran saja. Ternyata, jenis dari buah durian ini lumayan banyak, lho. Bahkan Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki ragam durian terbanyak. Berikut ini adalah jenis-jenis durian yang asli dari Indonesia.

6 Durian Minang

Minang adalah buah yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian ini memiliki ciri khas kulitnya yang terkesan kempes.

Jika Anda membukanya, maka akan mendapati buah durian yang memiliki ketebalan sekitar 2-3 centimeter dari bijinya. Selain itu, buah dari Durian Mimang yang sangat manis dan legit ini pernah menyabet juara 2 di kontes durian se-Asia Tenggara.

5 Durian Candimulyo

Durian Candimulyo atau yang dikenal dengan nama lain Durian Candy ini adalah jenis durian yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Ciri khasnya adalah ukurannya lumayan besar dan biji di dalam buahnya kecil. Suatu hal yang tidak seimbang bukan?

Durian Cadimulyo

Untuk buahnya, rasa dari buah Durian Candimulyo ini adalah percampuran antara manis dan sedikit pahit atau getir. Jadi ketika Anda memakannya, jangan terlalu berharap akan mendapatkan rasa manis di seluruh buah yang juga berukuran besar ini.

4 Durian Matahari

Durian yang berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat ini merupakan buah durian yang memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau kecoklatan dengan ketebalan sekitar 0,5-1 cm. Durinya besar-besar, runcing, jarang dan sedikit bengkok.

Durian Matahari

Buahnya tebal, kering, berlemak, manis dengan tekstur halus dan aromanya cukup tajam. Sayangnya, buah durian jenis ini tidak tahan terhadap serangan hama penggerek dan juga penyakit busuk akar.

3 Durian Montong

Durian satu ini adalah jenis durian yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan untuk satu biji dengan balutan daging di atasnya saja, dijual dengan harga yang cukup mahal jika dikurskan dalam Rupiah. Buah asli Kalimantan ini memiliki ciri khas dagingnya yang cukup besar dengan rasa manis dan juga beraroma harum ketika dibuka.

Durian Montong

Selain itu, ciri khas lainnya adalah bentuknya tidak bulat penuh, melainkan sedikit lonjong dengan tidak beraturan. Jika sudah siap petik, Durian Montong dapat memiliki berat kurang lebih 13 kilogram.

2 Durian Petruk

Dapat dikatakan bahwa Durian Petruk adalah gabungan antara Durian Montong dengan Durian Candimulyo, karena bentuknya yang lonjong dan rasanya yang setengah manis dan pahit jika dirasakan. Durian yang memiliki nama latin Durio Zybethinus Kultivar Petruk juga memiliki aroma yang tajam seperti Durian Montong.

Durian Petruk

Buah durian asli Jepara, Jawa Tengah, ini merupakan salah satu durian bibit unggul yang banyak digemari para petani durian. Hal ini karena daging buahnya tidak lembek dan tebal, serta bijinya kecil.

1 Durian Bawor

Jika Anda ingin membeli Durian Montong, maka harus mengetahui benar-benar ciri khasnya. Karena Anda dapat salah membeli di penjual yang mengatakan bahwa durian yang dijualnya adalah Durian Montong. Hal ini dikarenakan ada satu jenis durian yang memiliki kemiripan dengan Durian Montong Kalimantan, yaitu Durian Bawor yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Durian Bawor

Durian satu ini memiliki ciri khas hampir sama dengan Durian Montong Kalimantan, yaitu buahnya manis dan tebal serta bijinya yang relatif kecil. Durian Bawor sendiri juga memiliki 2 jenis lainnya, yaitu Durian Bhinneka Bawor yang merupakan hasil silangan dan Durian Bawor Berkaki Empat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *